MENILIK PTSP DI PENGADILAN AGAMA BREBES

INFO LANDIPA

Dalam upaya memaksimalkan pemanfaatkan Teknologi Informasi dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi peradilan terkait dengan pelayanan terhadap para pencari keadilan sesuai dengan Surat Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang Nomor: W11-A/1513/HM.01.1/IV/2021 Tanggal 1 April 2021
INFO LANDIPA

Access CCTV Online (ACO)

Access CCTV Online (ACO) Pengawasan secara virtual Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama sebagai media transparansi dan akuntabilitas peradilan agama
Access CCTV Online (ACO)

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

Drs. H. Muchlis, S.H.,M.H.

Pesan Dirjen Badilag !

" Prinsipnya, sebagian besar masyarakat yang berurusan di Pengadilan Agama membawa persoalan masing-masing. Maka sudah sepantasnya mereka layak mendapatkan layanan dan tempat yang nyaman. Paling tidak Pengadilan Agama sudah meringankan persoalan mereka,"
Pesan Dirjen Badilag !

e-COURT Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online, Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik, dan Persidangan yang dilakukan secara Elektronik.
e-COURT Mahkamah Agung RI

PROGRAM PRIORITAS Dirjen Badilag Tahun 2024

Penguatan Integritas, Peningkatan Kualitas Layanan Peradilan, Penguatan Kelembagaan, Penguatan Kepemimpinan dan SDM, Penguatan Teknologi Informasi
PROGRAM PRIORITAS Dirjen Badilag Tahun 2024

MENILIK PTSP DI PENGADILAN AGAMA BREBES

pa-brebes.go.id|12-06-2020

Pengadilan Agama Brebes merupakan salah satu Pengadilan Agama di Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Semarang yang mempunyai wilayah hukum sangat luas, yang membentang mulai dari pantai utara Brebes sampai Bumiayu.

Begitu luasnya wilayah Kabupaten Brebes maka wajar jika perkara yang masuk ke Pengadilan Agama Brebes termasuk cukup tinggi, untuk wilayah Jawa Tengah Pengadilan Agama Brebes menempati urutan nomor dua setelah Pengadilan Agama Cilacap;

 12222222222.jpg

Dari sisi geografis wilayah Kabupaten Brebes termasuk wilayah yang cukup beragam mulai dari wilayah pantai sampai wilayah yang di dominasi oleh Pegunungan, sehingga tingkat kesulitan yang dialami oleh masyarakat Kabupaten Brebes apabila ada suatu kepentingan di Pengadilan Agama Brebes termasuk cukup tinggi, oleh karena itu Pengadilan Agama Brebes untuk membantu masyarakat pencari keadilan dalam pemeriksaan perkara melakukan persidangan di luar gedung Pengadilan yang dilaksanakan di Desa Kersana, Kecamatan Ketanggungan yang menangani masyarakat dari wilayah barat dan Kecamatan Bumiayu untuk wilayah selatan.

Salah seorang pencari keadilan yang mengikuti persidangan di luar gedung Pengadilan dalam keterangannya kepada Redaktur menyampaikan pelaksanaan persidangan di Bumiayu amat sangat membantu masyarakat mengingat biaya untuk datang ke Kantor Pengadilan Pengadilan Agama Brebes sekali berangkat tidak pernah kurang dari Rp. 200.000,-, namun dengan dilaksanakannya sidang di Kecamatan Bumiayu maka dapat menghemat biaya sebesar Rp. 150.000,- demikian juga yang bersidang di Desa Kersana, Kecamatan Ketanggungan. Oleh karena itu dia berharap agar pelaksanaan persidangan di kedua tempat tersebut agar tetap di pertahankan untuk dapat membantu masyarakat khususnya yang kurang mampu;

33.jpg

Memperhatikan hal tersebut Ketua Pengadilan Agama Brebes Drs. H. Abdul Basyir MAg, berupaya secara maksimal untuk dapat melayani masyarakat pencari keadilan khususnya di dalam melakukan pendaftaran agar sekali masyarakat datang ke Pengadilan Agama dapat terlayani secara cepat dan sederhana dengan memaksimalkan pelayanan melalui PTSP.

Ketua Pengadilan Agama Brebes dalam berbagai kesempatan selalu menekankan agar petugas bagian pelayanan selalu memberikan pelayanan yang terbaik mengingat masyarakat yang datang ke Pengadilan adalah masyarakat yang sedang mempunyai masalah, oleh karena itu diantara budaya yang dikembangkan dan selalu ditekankan adalah dengan 3 S ( Salam, Sapa dan Senyum).

4.jpg

Keberadaan PTSP yang ada di Pengadilan Agama Brebes menjadi sangat urgen mengingat hal tersebut merupakan pintu pertama bagi para pencari keadilan yang akan berurusan dengan Pengadilan Agama.

Pelayanan Terpadu Satu Pintu, yang selanjutnya disingkat PTSP adalah pelayanan secara terintegrasi dalam satu kesatuan proses dimulai dari tahap awal sampai dengan tahap penyelesaian produk pelayanan pengadilan melalui satu pintu.

Ada dua tujuan diterapkannya PTSP ini yakni :

  1. Mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, transparan, terukur sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
  2. Memberikan pelayanan yang prima, akuntabel, dan anti korupsi, kolusi, nepotisme.

Adapun didalam pelaksanaannya PTSP menganut  prinsip:

  1. Keterpaduan;
  2. Efektif, Efisien, Ekonomis;
  3. Koordinasi;
  4. Akuntabilitas; dan
  5. Aksesisbilitas

Sedang yang manjadi ruang lingkup PTSP meliputi seluruh pelayanan administrasi yang menjadi kewenangan Pengadilan Tinggi Agama dan Pengadilan Agama sebagaimana diatur dalam Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor 026/KMA/SK/II/2012 Tanggal 9 Februari 2012 tentang Standar Pelayanan Peradilan dan peraturan perundangan lainnya yang berlaku.

Drs. H. Abdul Basyir MAg, berharap agar dengan diterapkannya PTSP di Pengadilan Agama Brebes masyarakat pencari keadilan akan merasa nyaman dan terbantu di dalam mengajukan perkaranya ke Pengadilan Agama Brebes. (arief)

Hubungi Kami

 Home Pengadilan Agama Brebes Kelas I. A

       Jl. Jenderal Ahmad Yani No.93 Brebes - Jawa Tengah

 phone icon Telp  (0283) 671442

 Fax icon Fax. (0283) 671442

 Mailbox Email :

Go into  pengadilan.agama.brebes@gmail.com

Go into  kepaniteraan.pabrebes@gmail.com

Go into  ecourt.pa.brebes@gmail.com

Lokasi Kami

© 2019 Pengadilan Agama Brebes Kelas 1.A Designed by Joomla
Jl. A. Yani No.93 Brebes - 52212 Jawa Tengah
Telp (0283) 671442 Fax. (0283) 671442