PASUTRI KEMBALI RUKUN DI PENGADILAN AGAMA BREBES

MEDIATOR PEMULA CALON HAKIM (CAKIM)

BERHASIL MEMEDIASI DI PENGADILAN AGAMA BREBES

pa-brebes.go.id|07-10-2019

Siapa bilang mediasi perkara Perceraian itu sulit ? Buktinya berkat kesungguhan, kesabaran dan juga doa, tiga orang Mediator Calon Hakim (Cakim) telah berhasil memediasi perkara perceraian di Pengadilan Agama Brebes. Ketiga mediator tersebut adalah Mediator pemula, di mana ketiganya baru lulus Sertifikasi Mediator kurang lebih 3 bulan yang lalu.

Bertempat di Ruang Mediasi Pengadilan Agama Brebes, pada hari Senin tanggal 07 Oktober 2019 telah dilakukan proses Mediasi oleh dua orang Mediator Calon Hakim (Cakim) PA Brebes yaitu Lailatul Khoiriyah, S.H.I. dalam perkara Cerai Talak Nomor 3883/Pdt.G/2019/PA.Bbs dan Rizki Elia, S.H.I. dalam perkara Cerai Talak Nomor 3810/Pdt.G/2019/PA.Bbs. Kedua Mediator tersebut telah berhasil mendamaikan para pihak. Sebelumnya, Calon Hakim PA Brebes lainnya yaitu A. Syafiul Anam, Lc. juga telah berhasil memediasi para pihak dalam perkara Cerai Gugat.

Dalam proses mediasi tersebut Mediator telah mengupayakan perdamaian semaksimal mungkin dengan cara memberikan nasehat, masukan dan pandangan terkait bagaimana pentingnya menjaga keutuhan dan mempertahankan rumah tangga serta akibat yang timbul jika nantinya terjadi perceraian apalagi jika kedua belah pihak memiliki anak. Atas masukan dan pandangan Mediator tersebut, para pihak akhirnya tersentuh hatinya dan kemudian berdamai dan sepakat rukun kembali untuk membina rumah tangga bersama.

Lailatul Khoiriyah mengatakan bahwa keberhasilan memediasi perkara adalah berkat ikhtiarnya meyakinkan pihak Pemohon. Di samping itu, Rizki Elia menambahkan bahwa kemampuan membaca niat Termohon untuk memperbaiki rumah tangga adalah modal besar untuk meyakinkan hati Pemohon, di samping kesungguhan, kesabaran dan kemampuan berkomunikasi. Berkat hal-hal tersebut, pihak Pemohon bersedia mengurungkan niatnya untuk bercerai.

Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat. Jika keluarga baik, maka baik pula masyarakatnya, bangsanya, negaranya serta pemimpinnya. Keluarga menjadi entitas kecil yang menentukan kebaikan suatu negara dan bangsa. Oleh karena itu, keberhasilan mediasi yang dilakukan oleh Mediator Calon Hakim (Cakim) PA Brebes tersebut patut diapresiasi. Semoga ke depan semakin banyak mediasi yang berhasil. Karena puncak tertinggi hukum adalah kedamaian. (Red_Mentee)

Add comment


Security code
Refresh

APLIKASI - APLIKASI  PENDUKUNG

   

   

 

Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Brebes Kelas I. A

crossroads 23760 Jl. Jenderal Ahmad Yani No.93 Brebes - Jawa Tengah

phone icon Telp  (0283) 671442

Fax icon Fax. (0283) 671442

Communication email blue icon Email :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.m

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kami

© 2019 Team TI Pengadilan Agama Brebes

 

w3c html 5 w3c wai AAA