MOCI BARENG UWANE BERSAMA RADIO SINGOSARI FM KABUPATEN BREBES

MOCI BARENG UWANE BERSAMA RADIO SINGOSARI FM KABUPATEN BREBES

(MODERNISASI PENGADILAN AGAMA BREBES)

pa-brebes.go.id|10-10-2019

Kamis 10 Oktober 2019, tepat pukul 08.00 WIB. tim dari Radio Singosari FM Kabupaten Brebes yang dipimpin oleh Yunar Rahmawan disisi lain juga hadir Wahidin Soedja dari suara merdeka, Takwo Heriyanto dari pantura news. Sedangkan dari PA Brebes sendiri diwakili oleh bagian HUMAS (Drs. Nusidik, S.H.M.H.). Dalam kesempatan kali ini membahas sampai sejauh mana Modernisasi pelayanan perkara di Pengadilan Agama Brebes dalam hal lebih efisiensi kerja dan kinerja penyelesaian perkara.

Disampikan Oleh Humas PA Brebes, dalam aplikasi kami (SIPP) Sistem Informasi Penelusuran Perkara merupakan gabungan sistem mulai dari administrasi perkara, proses perkara, penyelesaian perkara sampai dengan informasi perkara. Aplikasi ini Sebagai tindak lanjut dari Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan. Dalam aplikasi ini juga sebagai fungsi pengawasan perkara dan juga pelaporan perkara yang mana untuk setiap harinya terintegrasi dengan server pusat di Mahkamah Agung RI sehingga secara otomatis data itu terupdate mulai dari perkara terdaftar pada hari itu dan putus. Disisi lain juga kita menyediakan Informasi perkara Publik (www.sipp.pa-brebes.go.id)yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat yang mana setiap harinya juga terupdate dari aplikasi SIPP ini. Aplikasi ini juga terintegrasi langsung dengan direktori putusan Mahkamah Agung RI dimana setiap orang dapat mendapatkan salinan putusan secara online dan Up To Date melalui website berikut:www.putusan.mahkamahagung.go.id.

Sebagai Pengembangan berikutnya terkait SIPP oleh Mahkamah Agung RI, Pengadilan Agama Brebes juga sudah mengimplementasikan e-court yakni sebuah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk e-Filing (Pendaftaran Perkara Online di Pengadilan)melalui link berikut: https://ecourt.mahkamahagung.go.id/, e-Payment (Pembayaran Panjar Biaya Perkara Online), e-Summons (Pemanggilan Pihak secara online) memlalui website (https://ecourt.mahkamahagung.go.id/)

Dan Pengembangan yang terbaru yakni e-Litigation (Persidangan secara online) yang mana untuk tahap ini masih menjadi proyek uji coba di Pengadilan Agama tertentu, namun kedepannya akan dilouncing dan diwajibkan oleh seluruh pengadilan dibawah naungan Mahkamah Agung. Memang perlu digaris bawahi juga layanan e-court dan e-litigation sementara saat ini dikhususkan untuk Advokat. Pengguna terdaftar harus setelah mendaftar dan mendapatkan Akun, harus melalui mekanisme validasi Advokat oleh Pengadilan Tinggi tempat dimana Advokat disumpah, tapi tidak menutup kemungkinan kedepannya akan digunakan oleh masyarakat umum lainnya dan tentunya sebagai syarat resmi yakni harus mempunyai Identitas elektronik yakni Email pribadi.

Dalam kesempatan moci bareng uwane ini juga dibuka acara dialog tanya jawab melalui via telepone yang mana sebagian besar menanyakan prosedur cara berperkara, proses, kasus perkara dan juga berapa biaya berperkara di Pengadilan Agama Brebes.

Disisi Lain sebagai penutup tepat pukul 09.00 WIB. KPA Brebes (Drs. H. Abd. Basyir, M.Ag.) menyampaikan laporan keadaan perkara sampai dengan September 2019 dimana Perkara diterima sejumlah 4139 perkara, diputus 3740 perkara sehingga sisa akhir perkara sejumlah 982 perkara berikutnya oleh beliau juga dijelaskan prosedur cara berperkara mulai dari pendaftaran, persidangan, sampai dengan putusan dan terbitnya akta cerai sebagai poduk akhir pengadilan. Namun oleh beliau untuk informasi lebih lanjut dan detilnya silahkan mengunjungi website resmi www.pa-brebes.go.id atau melalui telpon informasi di (083) 671442, melalui email resmi di Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya., atau datang langsung ke kantor PA Brebes Jl. Jenderal A. Yani No.93 Brebes pada jam kerja senin s/d jum`at mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.30 WIB.(tim_red).

Add comment


Security code
Refresh

APLIKASI - APLIKASI  PENDUKUNG

   

   

 

Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Brebes Kelas I. A

crossroads 23760 Jl. Jenderal Ahmad Yani No.93 Brebes - Jawa Tengah

phone icon Telp  (0283) 671442

Fax icon Fax. (0283) 671442

Communication email blue icon Email :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.m

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kami

© 2019 Team TI Pengadilan Agama Brebes

 

w3c html 5 w3c wai AAA