PENGAWASAN HAKIM TINGGI PTA SEMARANG (Drs. H. Muhyiddin, M.H.) IMPLEMENTASI 9 APLIKASI BADILAG DAN PEMBINAAN

PENGAWASAN HAKIM TINGGI PTA SEMARANG (Drs. H. Muhyiddin, M.H.)

IMPLEMENTASI 9 APLIKASI BADILAG DAN PEMBINAAN

pa-brebes.go.id|14/15-11-2019

                Kamis s/d Jum`at 14 dan 15 Nopember 2019 Pengadilan Agama Brebes dalam hal ini kedatangan Pengawas dari Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Semarang (Drs. H. Muhyiddin, M.H.) beliau datang sebagaimana surat tugas yang diberikan untuk melakukan monitoring Implementasi 9 Aplikasi badilag dan juga pembinaan dibidang kepaniteraan maupun di bidang kesekretariatan, oleh beliau disampaikan bahwasannya akan melakukan monitoring dan pembinaan selama 2 hari penuh.

Pertama beliau langsung uji praktik sejauhmana Implementasi 9 Aplikasi Badilag di PA Brebes ini, bertempat diruang sidang utama beliau Hakim Tinggi PTA Semarang melakukan monitoring dihadapan Ketua, Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris dan juga Kasub IT Pengadilan Agama Brebes. Tidak hanya sampai disitu Aplikasi lainnya di bidang Kesekretariatan pun dimonitoring oleh beliau diantaranya Aplikasi SIMAK BMN , SIKEP dan juga KOMDANAS akan prosentase isi dan update.

Keesokaan harinya pun beliau keliling setiap ruangan untuk melakukan monitoring secara langsung sajauh mana pelaksanaan atau kesesuaian prosedur dalam setiap bidang dan tupoksinya. Sampai akhirnya pada saat ekpose yang dilaksanakan pada hari Jum`at 15 Nopember 2019 tepat pukul 13.00 WIB. bertempat diruang sidang utama Pengadilan Agama Brebes.

Acara Tersebut dihadiri oleh seluruh Hakim, Pejabat, Pegawai Pengadilan Agama Brebes tanpa terkecuali, acara dibuka langsung oleh Sekretaris Pengadilan Agama Brebes (Ali Choemaedi, S.H.) selanjutnya sambutan dari KPA Brebes (Drs. H. Abd. Basyir, M.Ag.) beliau menyampaikan terimakasih banyak kepada Hakim Tinggi yang telah melaksanakan pengawasan selama 2 hari di Pengadilan Agama Brebes, karena kaitannya sebagaimana tujuan pembinaan dan pengawasan ini adalah demi keseuaiaan atupun demi peningkatan dari pada Pengadilan Agama itu sendiri. Disisi lain sebagai inti acara Ekspose Hakim Tinggi Pengawas (Drs. H. Muhyiddin, M.H.) Didampingi oleh KPA, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama Brebes menyampaikan diantaranya hasil dari pada monitoring yang dilaksanakan selama 2 hari ini antara lain:

1. Implementasi 9 Aplikasi Badilag Alhamdulillah Brebes sudah aktif 7 Aplikasi yang beluam diantaranya Aplikasi Antrian Versi Badilag / antrian sudah tapi versi sendiri dan juga Comand Center yang mana membutuhkan anggaran biaya yang tidak sedikit.

2. Optimalisasi dalam sosialisasi e-Court sampai dengan tahap e-litigasi kepada Advokat ataupun pengguna lainnya. (Pendaftaran e-Court di Pengadilan Agama Brebes sebanyak 17 perkara)

3. Mediasi haru dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang berlaku

4. Peningkatan Penyelesaian Perkara yang di update melalui aplikasi SIPP yang masih dalam prosentase 80,13 %

5. Peningkatan Uplode Putusan pada Direktori Putusan via aplikasi SIPP yang masih di prosentase 78,85%

6. Update Data KOMDANAS tentang absensi dan data Pegawai yang masih aktif

Beliau juga tak lupa menyampaikan amanat dari Bapak KPTA Semarang (Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H.,M.H.) untuk selalu hati-hati dalam penerimaan perkara Penetapan Ahli Waris dan juga kehati-hatian dalam penyusunan dan pengetikkan Putusan apalagi perkara itu sampai dengan upaya hukum Banding, Kasai dan PK. Acara Expose ini selesai tepat puku 14.30 WIB. ditutup dengan ucapan hamdallah. (tim_red)

Add comment


Security code
Refresh

APLIKASI - APLIKASI  PENDUKUNG

   

   

 

Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Brebes Kelas I. A

crossroads 23760 Jl. Jenderal Ahmad Yani No.93 Brebes - Jawa Tengah

phone icon Telp  (0283) 671442

Fax icon Fax. (0283) 671442

Communication email blue icon Email :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.m

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kami

© 2019 Team TI Pengadilan Agama Brebes

 

w3c html 5 w3c wai AAA