Alih Bahasa

PORTAL TABAYYUN PA-BREBES

F A R O I D H
Layanan Aduan
Lain-Lain
Home Renstra PA Brebes

Renstra PA.Bbs Tahun 2017

RENCANA STRATEGIS 2015-2019

PENGADILAN AGAMA BREBES KELAS I. A

#RENSTRA 2015-2019 Pengadilan Agama Brebes Kelas I.A (Klik Disini)

Dalam sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, perencanaan strategik merupakan  langkah  awal  yang  harus  dilakukan  oleh instansi  pemerintah  agar mampu menjawab tuntutan lingkungan stratejik lokal, nasional dan global, dan tetap berada dalam tatanan Sistem Administrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan pendekatan perencanaan stratejik yang jelas dan sinergis, instansi pemerintah lebih dapat menyelaraskan visi dan misinya dengan potensi, peluang dan kendala yang dihadapi dalam upaya peningkatan akuntabilitas kinerjanya.

Pada prinsipnya setiap satuan kerja seharusnya mempunyai barometer untuk menilai sampai sejauh mana roda organisasi berjalan dengan baik atau tidak, apa hambatan dan tantangan serta tujuan yang belum tercapai.  Para pegawai/staf juga mempunyai   peranan   yang   sama   dalam   memajukan   dan   menjalankan   roda organisasi tersebut, sehingga kualitas kinerja pegawai dimaksud, adalah merupakan suatu yang mutlak demi maksimalnya pelayanan (cleint service), baik internal maupun secara eksternal kepada (para pencari keadilan).

Kualitas keterampilan (skill) pegawai/staf selaku pelaksana tugas dan karya tentunya harus dimulai dari diri sendiri yang bertekad untuk menigkatkan kualitas pribadi dalam menunjang  tugas pokok dan fungsi masing-masing  (SDM).   Kami sadari sarana dan prasarana serta fasilitas tak kalah pentingnya guna mencapai tujuan tersebut yang sekarang ini masih terbatas.

Berdasarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 7 tahun 1999 tentang Sistim Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang merupakan keinginan nyata pemerintah untuk melaksanakan good governance dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara.

Salah satu unsur pokok untuk terwujudnya sistem akuntabilitas pada pelaksanaan  tugas  pokok  Pengadilan Agama Brebes Kelas IA adalah terus tersusun dan terprogram setiap rencana kerja dalam suatu bentuk Rencana Stratejik (Renstra) dengan berbasis kinerja yang merupakan pedoman pelaksanaan Tupoksi, sehingga segala bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan dapat diatur secara terencana dan terukur, suatu perencanaan yang strateji, diharapkan akan dapat meningkatkan kinerja sekaligus dapat meningkatkan pelayanan yang prima kepada masyarakat pencari keadilan.

Penyusunan  rencana dan program pada hakekatnya adalah  suatu proses mempersiapkan secara sistematis kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan untuk mencapai sasaran/tujuan tertentu.  Adapun sasaran/tujuan mengandung pengertian bahwa perencanaan berkaitan erat dengan perumusan kebijaksanaan.  Sehubungan dengan itu perencanaan pada garis besarnya terdiri atas beberapa tahapan yang harus dilalui dan dilaksanakan oleh setiap lembaga/unit organisasi/instansi hingga di daerah sebagai berikut :

Tahap persiapan rencana :

  1. Tahap  persiapan  rencana  yaitu  mengidentifikasikan,  menganalisa  dan merumuskan masalah, merumuskan alternatif kebijaksanaan dan menetapkan kebijaksanaan.
  2. Tahap penjabaran kebijaksanaan ke dalam sasaran dan anggaran yaitu mengkoordinasikan penjabaran kebijaksanaan ke dalam sasaran dan anggaran, memantapkan penjabaran sasaran dan anggaran, menetapkan sasaran dan anggaran, menjabarkan satuan ke dalam rancangan satuan, menetapkan rancangan kegiatan, sasaran dan anggaran.

Adapun dasar penyusunan strategi tersebut dapat diimplementasikan melalui 4 strategi  yaitu:

1.  Strategi Stabilitas

a.  Strategi stabilitas bertujuan untuk menunjukan dan mempertegas arah bahwa kegiatan Pengadilan Agama Brebes Kelas IA, serta menghindar dari segala yang menjadi penghambat di masa lalu.

b.  Meningkatkan bahwa segala daya dan dana, diarahkan pada peningkatan efesiensi agar terwujud kondisi Pengadilan Agama Brebes Kelas IA  pada posisi yang stabil dan berjalan sebagaimana yang diharapkan.

2.  Strategi pembangunan

Strategi ini berorientasi untuk menambah kegiatan dan skala prioritas bagi kegiatan oprasional Pengadilan Agama Brebes Kelas IA, dengan melengkapi segala fasilitas yang kurang dengan mengusulkan penambahan anggaran modal untuk pembangunan ruang tunggu dan tempat parkir pegawai.

3.  Strategi efesiensi

Strategi ini berorientasi kepada prioritas dengan memilah kebutuhan yang paling mendesak dan mendasar yang  harus didahulukan  serta pengurangan skala operasional Pengadilan Agama Brebes Kelas IA yang tidak mungkin lagi dipertahankan keberadaannya.

4.  Strategi Pelayanan Publik

Pembinaan pelayanan informasi dari Mahkamah Agung terhadap badan peradilan di bawahnya termasuk Peradilan Agama, merupakan salah satu indikator pembaharuan peradilan ke arah terwujudnya peradilan agung dan modern.  Kebijakan pembinaan dalam bidang ini, merupakan keharusan sebagai implimentasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi   Publik  dan   surat   Keputusan Mahkamah   Agung   RI   Nomor   1-144/KMA/SK/I/2012 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan serta surat Keputusan Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Non Yudisial Nomor01/WKMA-NY/SK/I/2009  tentang  Pedoman  Pelaksanaan  Pelayanan Informasi pada Mahkamah Agung RI.

Substansi kebijakan pada Surat Keputusan Mahkamah Agung RI tersebut, telah mengatur secara jelas informasi peradilan apa yang boleh dan yang harus tetap dirahasiakan, pelaksanaan pelayanan informasi, pengumuman informasi, tata cara pelayanan informasi, tata cara penanganan keberatan terhadap pelayanan informasi, dan tata cara pelaporan.

5.  Strategi kombinasi

Strategi ini merupakan perpaduan dari keempat kombinasi di atas. Dengan tetap memperioritaskan program mana yang harus didahulukan karena adanya keterbatasan dana dan sarana tetap memegang prinsip proposionalitas.

Kemudian  rencana  strategis  Pengadilan Agama Brebes Kelas IA  ini didorong oleh visi yang jelas dan serangkaian tujuan, prinsip dan target startegis, langkah yang harus diambil dalam menghadapi tantangan dan hambatan dengan penuh  keteguhan  dan  usaha  yang  terus menerus/ berkesinambungan  dan strategi yang efektif. Rencana strategis ini dengan program yang terkait, memberi inisiatif  awal dengan berbagai tantangan dan masalah yang akan diatasi.

Tantangan utama meliputi :

1. Memelihara kepercayaan masyarakat Kabupaten Brebes Kelas I A terhadap sistem peradilan khususnya yang berkaitan dengan tugas dan fungsi Peradilan Agama.

a.  Kepercayaan  dan  keyakinan  dalam  sistem  peradilan  di  Indonesia  pada umumnya   telah   terkikis   disebabkan   kelambanan   dalam   penyelesaian perkara, persepsi tentang korupsi, kolusi dan nevotisme, dan akses terbatasnya pada pelayanan peradilan, solusi efektif untuk masalah tersebut adalah membuat pola dasar dimana kepercayaan masyarakat terhadap sistem peradilan bisa kembali pulih.

b.  Rencana  strategis  akan  memberi  prioritas  pada  sistem  dan  prosedur peradilan, perbaikan institusi serta sumber daya manusia atau operasional manajemen yang langsung mempengaruhi efesiensi pemberian pelayanan informasi publik pada peradilan, pada kejujuran dan ketidakberpihakan dari putusan  pengadilan. Transparan dan  integritas dari proses peradilan dan perlindungan kerahasiaan jika diperlukan.

c.  Lebih jauh program ini akan menyatukan dan mengkoordinasikan berbagai unsur program melalui pendekatan holistik sehingga perwujudan dari visi dan misi dapat dicapai dengan target secara maksimal.

2.   Rencana strategis akan memerlukan sumber daya tetapi dapat dicapai dalam konteks keterbatasan kemampuan sumber daya yang tersedia.

Pengadilan Agama Brebes Kelas IA berusaha untuk memperioritaskan pembangunan sistem peradilan dalam anggaran yang tersedia, di samping itu Pengadilan Agama Brebes Kelas IA akan memobilisasi dan menggunakan secara efisien semua sumber daya internal dan eksternal dalam operasional rutin guna mencapai misi, tujuan dan target yang telah ditetapkan.

Dari rencana strategis di atas, kunci keberhasilan pembangunan yang dirumuskan melalui rencana Strategis Pengadilan Agama Brebes Kelas IA kedepan dapat dirumuskan dalam 4 aspek yaitu:

1.  Ketenagaan mencakup:

a.  Penambahan jumlah tenaga teknis dan tenaga administrasi

b.  Peningkatan kualitas melalui pendidikan dan pelatihan.

c.  Penataan kembali sistem pembinaan karir pegawai menurut alur karir yang ada.

d.  Penggunaan teknologi informasi dalam sistem pelaporan dan administrasi.

2.  Sarana mencakup :

a.  Pengadaan sarana dan prasarana sesuai kebutuhan yang nyata.

b.  Pengembangan perpustakaan melalui koleksi buku, sarana dan prasarana, berikut sistem pelayanannya melalui sistem aplikasi.

c.  Peningkatan   jumlah   anggaran   melalui   DIPA   sesuai   dengan   rencana kebutuhan fisik Pengadilan Agama Brebes Kelas IA.

3.  Ketatalaksanaan mencakup :

a.  Melaksanakan   ketentuan   peraturan   perundang-undangan   yang   berlaku secara optimal.

b.  Melaksanakan program Pengadilan  Agama Brebes Kelas IA  yang  telah disusun  dengan   tetap   berdasarkan   kepada  ketentuan   undang-undang, peraturan pemerintah, SEMA, juklak dan juknis yang ada.

4.  Hukum materil mencakup :

a.  Penelaahan dan inventarisasi materi hukum.

b.  Memasyarakatkan   hukum   yang   berlaku   melalui  sosialisasi  dan   dialog terhadap masyarakat umum khususnya para pencari keadilan.

Sehingga dengan adanya perencanaan  yang strategis itu dapat mewujudkan Visi dan Misi daripada Pengadilan Agama Brebes itu sendiri yakni:

  1. Visi Pengadilan Agama Brebes Kelas IA

“TERWUJUDNYA  PENGADILAN AGAMA BREBES SEBAGAI BADAN PERADILAN AGAMA YANG AGUNG”

  1. Misi Pengadilan Agama Brebes Kelas IA

Misi Pengadilan Agama Brebes Kelas IA  yaitu :

1.  Mewujudkan   peradilan   yang   sederhana,   cepat,   biaya   ringan   dan transparan.

2.  Meningkatkan  kualitas  sumber  daya  aparatur  peradilan  dalam  rangka peningkatan pelayanan pada masyarakat.

3.  Melaksanakan pengawasan dan pembinaan yang efektif dan efisien.

4.  Melaksanakan tertib administrasi dan manajemen peradilan yang efektif dan efisien.

5.  Mengupayakan  tersediannya  sarana  dan  prasarana  peradilan  sesuai dengan stándar.

 
PA Brebes on Television

Get the Flash Player to see this player.
****SIPP PA-BREBES****

SIADPA - WEB PA.BREBES
DIREKTORI PUTUSAN MA

mp3 flash player by undesign website design.