UPACARA HARI LAHIR PANCASILA

UPACARA BENDERA MEMPERINGATI
HARI LAHIR PANCASILA

pa-brebes.go.id|01-06-2019

Pengadilan Agama Brebes dalam hal ini sesuai dengan Surat Perintah dari Pengadilan Tinggi Agama Semarang Nomor : W11-A2/2084/OT.00/V/2019 perihal Kepesertaan Upacara Bendera Dalam Rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 tertanggal 24 Mei 2019 berdasarkan juga Surat dari Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 680/SEK/KS.00/05/2019 tentang Kepesertaan Upacara Bendera Dalam Rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 tertanggal 21 Mei 2019. Pada Hari ini Sabtu tanggal 01 Juni 2019 walaupun merupakan tanggal merah (libur) dan masih dalam suasana Ramadhan sesuai dengan perintah tersebut diatas Pengadilan Agama Brebes tetap melaksanakan Upacara Bendera Memperingati Hari Lahir Pancasila sebagai wujud komitmen untuk ber NKRI dan berideologi PANCASILA. Upacara tersebut tepat dimulai pukul 07.30 WIB. bertempat di halaman depan Gedung Pengadilan Agama Brebes. Dalam Upacara kali ini hadir juga beberapa peserta dari satuan kerja Pengadilan Agama Lainnya yang ikut dalam upacara kali ini.

Suasana penuh khidmat saat dikibarkan bendera Merah Putih yang diiringi lagu Indonesia Raya yang menggema seantero jagat Nusantara saat ini. Sebagai Pembina Upacara Drs. H. Lanjarto, S.H., M.H. (Wakil Ketua PA. Brebes) menyampaikan dalam pidatonya bahwa Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia dan Seolah kita diingatkan kembali oleh pidato mantan Presiden RI pertama, Ir Soekarno di depan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), yang kemudian dikenang sebagai hari lahirnya Pancasila.

Tanggal 11 Juni menjadi tanggal yang sangat penting, karena di situlah Pancasila telah lahir, dan inilah hari lahir dasar negara, Melalui momentum ini, setidaknya ada beberapa hal yang harus diingat dari Pacasila. Pertama, Indonesia adalah bangsa yang besar dan sangat plural, sehingga selalu menyimpan kerawanan untuk tercerai berai. Dan Pancasila selama ini menjadi alat pemersatu yang ampuh,"BERBINEKA TUNGGA IKA", Peringatan Hari lahir pancasila dikemas dalam kegiatan yang hendaknya tidak bersiat seremonial belaka, melainkan diisi dengan berbagai praktik kebijakan Pancasila sebagai wujud implementasi kelima sila Pancasila dala laku hidup diberbagai bidang. Berbagai kegiatan bisa dilaksanakan oleh aparatur Negara dan masyarkat di seluruh tanah air terutama dalam menguatkan simpul-simpul persatuan dalam keragaman, menggalang semangat berbagi, dan bermitra usaha melintasi batas-batas identitas dan golongan, serta memberikan apresiasi terhadap praktik-praktik baik dan prestasi anak-anak bangsa di berbagai bidang sebagai wuju pengalaman Pancasila, Imbuhnya.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 selesai  tepat pukul 08.15 WIB ditutup dengan do`a yang dipimpin oleh Drs. Mahli, SH. (Tim_red).

Add comment


Security code
Refresh

APLIKASI - APLIKASI  PENDUKUNG

   

   

 

Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Brebes Kelas I. A

crossroads 23760 Jl. Jenderal Ahmad Yani No.93 Brebes - Jawa Tengah

phone icon Telp  (0283) 671442

Fax icon Fax. (0283) 671442

Communication email blue icon Email :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.m

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kami

News Flash

© 2019 Team TI Pengadilan Agama Brebes

 

w3c html 5 w3c wai AAA