Seputar Peradilan

VERIFIKASI ADMINISTRASI PESERTA PELAYANAN TERPADU SIDANG ISBAT NIKAH

KERJASAMA 3 INSTANSI

(PENGADILAN AGAMA BREBES, KEMENAG DAN DISDUKCAPIL KABUPATEN BREBES)

pa-brebes.go.id|12-03-2018

Pengadilan Agama Brebes dalam hal ini bekerjasama dengan 2 instansi lain yakni Kemenag dan Disdukcapil Kabupaten Brebes sebagai hasil akhir dari 3 kali rapat antar instansi tersebut membuahkan hasil kerjasama positif yakni pelaksanaan pelayanan terpadu Isbat Nikah Tahun 2018;

Sidang Isbat Nikah ini diperuntukkan bagi perkawinan yang tidak tercatat sehingga berakibat tidak dapat diterbitkannya akta kelahiran bagi anak yang lahir dari satu perkawinan yang orang tuanya tidak mempunyai akta perkawinan, sehingga secara langsung ikut mendukung program tertib administrasi kependudukan guna memberikan perlindungan dan pengakuan terhadap penentuan status pribagi dan status hukum atas setiap peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialami oleh penduduk.

Hal ini pun disambut dan didukung oleh Bupati Kabupaten Brebes Hj. Idza Priyanti, S.E.,M.H. sebagai program 100 hari kerja di masa jabatan barunya sebagai Bupati Kabupaten Brebes.

Sesuai dengan Kesepakatan 3 Instansi tersebut tepatnya hari ini Senin 12 Maret 2018 s/d Jum`at 23 Maret 2018. Pengadilan Agama Brebes melaksanakan proses verifikasi, proses verifikasi tersebut dilaksanakan selama 2 minggu hari kerja dan akan berakhir pada jum`at 23 Maret 2018 mendatang.

(daftar peserta yang telah lolos Verifikasi Sidang Isbat Nikah )

Untuk sementara peserta proses verifikasi yang sudah layak dan lolos sampai saat ini baru ada 22 peserta dari sekitar 30 peserta yang mendaftar, hal ini merupakan suatu proses yang memerlukan kehati-hatian dan ketelitian dari seorang petugas verifikasi yang terdiri dari 3 orang Hakim dan juga 3 orang Panitera Pengganti yang ditunjuk oleh Pengadilan Agama Brebes, dalam prosesnya dimaksudkan untuk meminimalisir atau bahkan menghilangkan wujud Isbat nikah dengan maksud Poligami ataupun maksud terselubung yang lainnya tentunya proses verifikasi ini sesuai dengan ketentuan Agama, hukum dan Peraturan perundang-undangan yang berlaku. Para peserta diperiksa data serta biodatanya, saksi-saksi secara rinci dan detil untuk bisa lolos sebagai peserta isbat nikah.

Nantinya setelah semua perseta lolos verifikasi akan langsung didaftarkan dan memperoleh nomor register perkara dari Pengadilan Agama Brebes, setelahnya akan diumumkan lewat radio ataupun masmedia selama 14 hari sebelum Ketua Majelis menetapkan kapan pelaksanaan hari sidangnya.

Diharapkan dengan adanya Pelayanan Terpadu Sidang Isbat Nikah ini Masyarakat dalam hal ini sebagai Peserta Isbat Nikah dalam satu hari tersebut dalam pelaksanaan Sidang Isbat ini langsung memperoleh Salinan Penetapan dari Pengadilan Agama yang nantinya akan diserahkan kepada ke Kemenag (dalam hal ini KUA) Kantor Urusan Agama dan diterbitkannya Buku Nikah selanjutnya dari data Nikah tersebut akan diteruskan kepada DISDUKCAPIL untuk diterbitkan Kartu Keluarga serta Akta Kelahiran Anak (tim_red).

  Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas