Seputar Peradilan

KULTUM HARI KE -8 BULAN RAMADHAN

pa-brebes.go.id|24-05-2018

Jama`ah Sholat Dzuhur Mushola Al- Mizan Pengadilan Agama Brebes masih dalam suasana Ramadhan penuh berkah ini tetap rutin mengikuti acara kegiatan keagamaan untuk meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT. serta mupuk kebersamaan, kebarokahan, serta menambah ilmu pengetahuan. Dalam kesempatan siang ini kultum yang di isi oleh KPA Brebes (Drs. H. Abd. Basyir, M.Ag) Beliau masih meneruskan pembahasan kitab Fiqih Mabadi Al- Awaliyah yang pada kesempatan hari ini membahas :

Kaidah ke-8
الاصل براة الذمة

"hukum asal adalah tidak adanya tanggungan"


Contoh kaidah: Seorang yang didakwa (mudda’a ‘alaih)melakukan suatu perbuatan bersumpah bahwa ia tidak melakukan perbuatan tersebut. Maka ia tidak dapat dikenai hukuman, karena pada dasarnya ia terbebas dari segala beban dan tanggung jawab. Permasalahan kemudian dikembalikan kepada yang mendakwa (mudda’i).


Kaidah ke-9
الاصل العدم

"Hukum asal adalah ketiadaan"

Contoh kaidah :

1. Kang Khumaidi mengadakan kerjasama bagi hasil (mudharabah) dengan Bos Fahmi. Dalam kerjasama ini Kang Khumaidi bertindak sebagai pengelola usaha (al-'amil), sedangkan Bos Fahmi adalah pemodal atau investornya. Pada saat akhir perjanjian, Kang Khumaidi melaporkan kepada Bos Fahmi bahwa usahanya tidak mendapat untung. Hal ini diingkari Bos Fahmi. Dalam kasus ini, maka yang dibenarkan adalah ucapan orang yang bernama Kang Khumaidi, karena pada dasarnya memang tidak adanya tambahan (laba).
2. Tidak diperbolehkannya melarang seseorang untuk membeli sesuatu. Karena pada dasarnya tidak adanya larangan (dalam muamalah).

Bersambung acara kultum hari ini ditutup dengan Tadarus bersama (tim_red)

  Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas