Seputar Peradilan

UPACARA BENDERA MEMPERINGATI
HARI LAHIR PANCASILA

pa-brebes.go.id|01-06-2018

Pengadilan Agama Brebes dalam hal ini sesuai dengan Surat Perintah dari Pengadilan Tinggi Agama Semarang Nomor W11-A2/1362/HM.01.2/V/2018 perihal Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018 tertanggal 30 Mei 2018 berdasarkan juga Surat dari Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 318/SEK/KS.00/05/2018 tentang Upacara Bendera dalam rangkan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018 tertanggal 30 Mei 2018 yang mana atas dasar Surat dari Menteri Sekretaris Negara RI Nomor : B-365/M.Sesneg/Set/TU.00.04/05/2018 tanggal 25 Mei 2018 tentang Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari lahir Pancasila Tahun 2018. Pada Hari ini Jum`at tanggal 01 Juni 2018 walaupun merupakan tanggal merah (libur) sesuai dengan perintah tersebut diatas Pengadilan Agama Brebes tetap melaksanakan Upacara Bendera Memperingati Hari Lahir Pancasila sebagai wujud komitmen untuk ber NKRI dan berideologi PANCASILA. Upacara tersebut tepat dimulai pukul 07.30 WIB. bertempat di halaman depan Gedung Pengadilan Agama Brebes.

Suasana penuh khidmat saat dikibarkan bendera Merah Putih yang diiringi lagu Indonesia Raya yang menggema seantero jagat Nusantara saat ini. Sebagai Pembina Upacara Drs. H. Abd. Basyir, M.Ag (Ketua PA. Brebes) menyampaikan dalam pidatonya bahwa Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia dan Seolah kita diingatkan kembali oleh pidato mantan Presiden RI pertama, Ir Soekarno di depan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), yang kemudian dikenang sebagai hari lahirnya Pancasila.

Tanggal 01 Juni menjadi tanggal yang sangat penting, karena di situlah Pancasila telah lahir, dan inilah hari lahir dasar negara, Melalui momentum ini, setidaknya ada beberapa hal yang harus diingat dari Pacasila. Pertama, Indonesia adalah bangsa yang besar dan sangat plural, sehingga selalu menyimpan kerawanan untuk tercerai berai. Dan Pancasila selama ini menjadi alat pemersatu yang ampuh,"BERBINEKA TUNGGA IKA" Imbuhnya

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018 selesai tepat pukul 08.15 WIB ditutup dengan do`a yang dipimpin oleh Drs. Mahli, SH. (Tim_red).

  Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas