Seputar Peradilan

Mantapkan SIPP dan Laksanakan e-COURT

 

pa-brebes.go.id|05-12-2018

Rabu, 05 Desember 2018, bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Brebes acara rapat dinas yang diikuti oleh seluruh jajaran hakim, pegawai, karyawan/i tanpa terkecuali dilaksanakan.Rapat tersebut dimulai tepat pukul 13.00 WIB, dibuka oleh Panitera Pengadilan Agama Brebes (H. Nurhidayatus Sofyan, S.H.) dan dipimpin langsung oleh KPA Brebes (Drs. H. Abd. Basyir, M.Ag) didampingi Waka PA Brebes (Drs. H. Lanjarto, M.H.).

Dalam himbauannya KPA Brebes menyampaikan yang pertama terkait dengan kode etik dan prilaku hakim maupun kode etik prilaku Panitera dan Jurusita yang mana harus tetap dijunjung tinggi yang bertujuan untuk menjaga citra dan kredibilitas Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada dibawahnya melalui penciptaan tata kerja yang jujur dan transparan sehingga dapat mendorong peningkatan kinerja serta keharmonisan hubungan antar pribadi baik di dalam maupun diluar lingkungan Mahkamah Agung.

Selanjutnya berkaitan dengan SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) yang mana menggantikan system aplikasi yang lama yakni SIADPA ini , mau ataupun tidak mau serta siap maupun tidak siap kita harus meningkatkan implementasinya tidak hanya sebatas sajian Informasi saja namun sudah pastinya System tersebut merupakan alur proses penyelesaian perkara yang bisa dipertanggung jawabkan keakuratan datanya. Apalagi kedepan oleh KPA Brebes menghimbau kepada kita semua khusunya PA Brebes ini untuk siap menuju era DIGITALISASI nda ada yang manual lagi semua sudah disediakan dalam SIPP ini, kita hanya perlu meningkatkannya saja disemua unsur seperti contohnya di Jurnal Keuangan Digital, Register Perkara Digital, Pelaporan maupun Kearsipan Digital yang sudah mulai di implementasikan di PA. Brebes.

Disisi lain juga terkait dengan pelayanan di Pengadilan Agama Brebes, InsyaAllah PA Brebes sudah siap dengan e-Court yakni Pelayanan pendaftaran perkara secara online, pembayaran secara online dan mengirim dokumen persidangan (Replik, Duplik Kesimpulan dan Jawaban serta panggilan) secara online. Aplikasi e-Court perkara ini diharapkan mampu meningkatkan pelayanan dalam fungsinya menerima pendaftaran perkara secara online dimana masyarakat akan menghemat waktu dan biaya saat melakukan pendaftaran perkara.

Dalam simulasinya diterangkan oleh adminTI Brebes (A. Jazuli) menjelaskan secara umum proses dan alur e-court ini mulai dari pengguna terdaftar, pengguna teregister, serta melakukan pembayaran dan mendapatkan notifikasi perkara sudah terdaftar di Pengadilan Agama Tertuju. Terakhir disampaikan oleh KPA Brebes kepada semua jajarannya untuk sama-sama melakukan monitoring serta perbaikan maupun peningkatan kerja dan kinerja kepada diri sendiri imbuhnya. (tim_red)

  Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas