Seputar Peradilan

PERSEMIAN RENOVASI MUSHOLA AL-MIZAN PENGADILAN AGAMA BREBES

pa-brebes.go.id|10-12-2018

Kamis, 20 Desember 2018 bertempat dihalaman gedung belakan PA-Brebes, acara peresmian renovasi Mushola Al- Mizan Pengadilan Agama Brebes dilaksanakan.

Acara resmi tersebut dimulai tepat pukul 09.00 WIB. dihadiri sejumlah tamu undangan diantaranya Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang , Ketua Pengadilan Agama Se- Koordinatorat Pekalongan, perwakilan Bupati Brebes, Forkopinda Kabupaten Brebes yakni Ketua Pengadilan Negeri, DANDIM, KAPOLRES, dan KAJARI Brebes, Usahawan Brebes Dr. (H.C.) H. Muhadi Setiabudi sekaligus sebagai donatur renovasi Mushola Al Mizan ini juga dari perwakilan Dinas Kesehatan Kab. Brebes,Dharmayukti Karini, tamu Undangan lainnya serta dari Keluarga Besar PA Brebes sendiri.

Selanjutnya Sambutan dari KPA Brebes (Drs. H. Abd. Basyir, M.Ag.) menyampaikan selamat datang kepada seluruh tamu undangan, semoga kedatangannya dinilai Ibadah oleh Allah SWT. beliau menceritakan awalnya Mushola Al- Mizan ini didirikan atas hibah yang diberikan oleh Bpk. H. Agung Widyantoro, S.H., M.Si. adalah Bupati Brebes periode 10 Mei 201 - 4 Desember 2012 dan usahawan sukses Brebes Dr.(H.C.) H. Muhadi Setiabudi adalah pengusaha Indonesia asal Brebes, Jawa Tengah. Muhadi Setiabudi adalah pemilik PT. Dedy Jaya Lambang Perkasa .

Dan sebagai awal mulanya direnovasinya mushola ini beliau bercerita saat ada acara penandatangan zona integritas, yang dihadiri sejumlah tamu undangan dan kebetulan Bpk. Muhadi hadir, selepas acara tersebut tamu undangan dihaturkan sholat dzhuhur berjamaah di mushola Al Mizan ini ternyata tidak cukup banyak jamaah yang antri untuk sholat, bagaimana kalo direnovasi tandas KPA Brebes, akhirnya Bpk. Muhadi setuju untuk merenovasinya akhirnya dibentuklah panitia renovasi dan alhamdulillah pada hari ini selesai dan segera diresmi gunakan.

Terakhir beliau menyampaikan terimaksih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada donatur tetap Mushola Al- Mizan (Dr.(H.C.) H. Muhadi Setiabudi) , sumbangan dari kawan-kawan keluarga besar Pengadilan Agama Brebes dan umbangan dari berbagai pihak semoga semuanya itu tetap bernilai shodaqoh dan ibadah kita semua Amiin.

Setelahnya smbutan atas nama Bupati Brebes oleh Asisten 1 (Drs. H. Athoilah, M.S.I) beliau menyampaikan bahwa Bupati Brebes sedang banyak kesibukan yang harus dia ikuti, dan menyampaikan permohonan maaaf tidak bisa hadir secara pribadi. Sambutan beliau an. Bupati, Mushola merupakan tempat suci, bersujud, beribadah kepda Allah SWT, dalam Hadist diterangkan bahwa Mushola adalah rumah Allah SWT, dan juga bahwasannya orang yang membangun Mushola/masjid secara ikhlas karena Allah SWT. hakikatnya merupakan membangun istana kelak diakherat nanti, terakhir beliau Bupati Brebes berpesan dengan selesainya renovasi sebagai fasilistas umum pencari keadilan, kami mengharap agar tetap dijaga kebersihan dan keindahannya agar tetap menjadi tempat munajat, bagi karyawan dan masyarakat umum.

Disisi lain KPTA Semarang (Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H.,M.H.). Mengucapkan terimakasih kepada donatur yang telah membangun merenovasi Mushola ini. karena hakikatnya ada 3 Amal Ibadah kita yang tak akan pernah putus walaupun kita sudah meninggal dunia kelak yakni Shodaqoh amal jariyan, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh. Dan dengan kita menitipkan harta sebagai amal / shodaqoh jariyah untuk membangun Mushola ini sudah tentu akan menjadi amal yang tak pernah akan putus pahalnya, akan kekal nanti sampai akhirat Amiin.

Beliau juga menyampaikan bahwa Pengadilan Tinggi Agama Semarang mempunyai 36 Pengadilan Agama dibawahnya, terdiri dari Pengadilan Kelas I A ada 14,salahsatunya PA Brebes ini, 21 Pengadilan Kelas I B, dan merupakan Pengadilan Tinggi tebesar di Indonesia, dalam rekapnnya Pengadilan Tinggi Agama Semarang mempunya total jumlah perkara Pengadilan Agama dibawahnya dengan jumlah setiap tahun 100 ribu perkara salah satunya setelah cilacap adalah PA Brebes ini no 2 perkara terbesar, Pengadilan Agama dengan Kategori 1 yang mana pada setiap minggunya penilaian dengan taget 5 besar dalam penyelesaian perkara. Beliau juga menyampaikan Aplikasi yang baru digencarkan di Pengadilan Agama yakni mulai diaktifkannya Aplikasi e-Court yakni Pendaftaran Perkara secara online, Mendapatkan e-Skum Secara Online, Pembayaran Online, Melakukan Konfirmasi Pembayaran Secara Online dan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan secara online. Dengan aplikasi ini beliau berharap bisa mengurangi biaya dalam berperkara di Pengadilan Agama, dengan menjunjung azas sederhana, biaya ringan dan proses cepat sebagai prinsip. apalagi dengan mulai diterapkannya PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) sudah tentu System ini akan lebih memudahkan masyarakat khususnya pencari keadilan dalam memperoleh service pelayanan yang lebih mudah dan cepat tentunya tetap berpegang untuk menuju Pengadilan Agama Yang Agung, Moderen, Bermartabat dan Dihormati oleh Masyarakat. Terakhir dengan mengucapkan Basmallah oleh KPTA Semarang menyatakan peresmian renovasi Mushola Al- Mizan Pengadilan Agama Brebes secara resmi digunakan

Sesion selanjutnya yakni Pengargaaan kepada Dr.(H.C.) H. Muhadi Setiabudi sebagai suksesor dan donatur renovasi mushola ini. Dalam sambutannya beliau berpesan kepada kita semua agar mushola ini akan bermanfaat untuk umat Islam dan khusunya kepada masyarakat pencari keadilan. Dalam Candannya beliau bicara " Harta Uang tidak akan dibawa mati tetapi jika hidup tidak punya harta dan uang rasanya mau mati" tapi kembali beliau menegaskan hadis tentang Amal Ibadah yang tak pernah putus saat telah tiada seperti telah disampaikan oleh KPTA Semarang diatas.

Acara Terakhir ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Drs. Sakdullah, S.H.M.H (Hakim PA Brebes) dan diakhiri dengan Prosesi Gunting Pita oleh KPTA Semarang Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H.,M.H. didampingi perwakilan Bupati Brebes Asisten 1 Drs. H. Athoilah, M.S.I.Tim_red

  Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas