Seputar Peradilan

 

KPTA Semarang (Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H.,M.H.) Rawuh ke PA Brebes

 

pa-brebes.go.id|11-02-2019

 

Bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Brebes, Senin 11 Februari 2019 pukul 08.30 WIB atau tepatnya selepas dilaksanakannya Apel Rutin Senin Pagi. Acara Pembinaan dari Bpk. KPTA Semarang (Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H.,M.H.) berlangsung dengan hidmat dan penuh antusias yang mana dihadiri oleh seluruh Hakim, Pegawai, Karyawan/i para cakim (MENTEE).

Dibuka langsung oleh KPA Brebes (Drs. H. Abd. Basyir, M.Ag.) beliau mengucapkan Ahlan Wa Sahlan dan terimaksih banyak atas bersedianya KPTA Semarang untuk hadir di PA Brebes ini, dan InsyaAllah akan memberikan berkah dan manfaat yang besar bagi PA Brebes semuanya.

Dalam Pembinaannya KPTA Semarang (Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H.,M.H.) menyampaikan bahwa setiap minggu BADILAG mengelurkan rapotnya terkait kerja dan kinerja kita peradilan agama dalam menyelesaikan perkerjaan penangananan perkara secara cepat dan tepat apalagi terkait dengan perkara Pengadilan Agama Brebes yang jumlahnya sangat besar nomor 2 di Jawa Tengah, maka secara langsung akan lebih besar juga beban kerja yang harus diselesaikan secara cepat dan tepat. Aplagi terkait dengan monitoring dari badilag melalui SIMTALAK ini maka Hakim dalam hal ini dituntut untuk kerja one day minut one day publish artinya, satu hari diputus harus satu hari itu selesai putusannya, diminutasi kemudian diuplode pada direktori putusan Mahkamah Agung RI melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP). Alhamdulillah sesuai dengan monitoring oleh PTA semarang PA Brebes ini berturut-turut berada di ranking angka 1 sampai 10 atau 10 besar, namun akhir-akhir ini sekitar 2 minggu terakhir PA Brebes berada di Zona Merah, tapi menurut beliau KPTA Semarang ternaya bukan hanya Brebes saja namun memang ada perubahan sistem penilaian oleh BADILAG yang mana penilaian secara menyeluruh perihal penyelesaian perkara, minutasi dan juga uplode direktori putusan.

Beliau juga menyampaikan Amanah dari Mahkamah Agung RI antara lain:

1. Mempertahankan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) dan sudah kita terima;

2. Mencanangkan Zona Integritas, Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM);

3. Aplikasi SIPP harus lebih dioptimalkan implementasinya baik Hakim bersama timya, Panitera bersama timnya ataupun seluruh personel PA. Brebes ini harus mengimplementasikan Aplikas SIPP dan Pendukungnya;

4. Hakim wajib dan harus membuat LHKPN dan wajib melaporkan pajak SPT

Disisi lain terkait dengan kurangnya personil Panitera Pengganti dan Jurusita Pengganti di Pengadilan Agama Brebes ini bisa diusulkan kepada kami Pengadilan Tinggi Agama Semarang, InsyaAllah akan segera kami pikirkan dan tindak lanjuti. Terkahir beliau berpesan kepada kita semua untuk tetap bekerja semaksimal mungkin dalam memberikan pelayanan kepada pada pencari keadilan khusunya dan masyarakat pada umumnya, mudah-mudahan semuanya menjadi lebih baik lagi dalam mewujudkan Peradilan Agama yang Agung. (Tim_red)

  Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas